Strategi pemanfaatan media

MAKALAH
TIK
Hubungan Teknologi,
Pemanfaatan dan Tujuan Media
PENYUSUN MAKALAH
M. SHOLOKIN
FIRMAN
IHSAN ASKARULLAH
Pembuatan Makalah Dibuat Dalam Rangka Melengkapi
Tugas Mata Kuliah
TIK

Dosen Pengampuh
M. Alim Puspianto M.Kom.I

Kata pengantar

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah swt, atas segala rahmat dan ilmuNyalah yang telah diberikan kepada kita, utamanya kepada kami selaku penyusun makalah ini, sehinggah penyusunan makalah ini dapat kami laksanakan.
Salam serta sholawat kepada Rasulullah Muhammad saw selaku Nabi yang diutus oleh Allah swt, kepada orang-orang yang hidup di zamanya dan juga kepada kita untuk menyampaikan kebaikan yang terkandung didalam al-quran dan as-sunnah.
Makalah ini merupakan makalah yang kami buat dalam keadaan sadar, sebagai upaya melengkapi tugas mata kuliah TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi). Kami sangat menyadari bahwa makalah ini masih memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu kami sangat menantikan dan mengharapkan kritikan dan saran yang bersifat mambangun, guna mambantu kami dalam melakukan perbaikan baik pada makalah ini, maupun di makalah yang akan menjadi tugas kami selanjutnya.
Akhirnya Kami uacapkan banyak terimah kasih, utamanya kepada M. Alim Puspianto
selaku dosen pengampuh mata kuliah TIK, juga kepada teman-teman yang telah bersediah membaca ataupun mendengarkan makalah ini, semoga yang kami kupas dalam makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita utamanya kepada kami. Amiin Ya rhobbal alamin.

DAFTAR ISI
HALAMAN………………………………………
Judul…………………………………………………
Kata pengantar…………………………………..
Daftar isi……………………………………………

BAB I
PENDAHULUAN……………………………….
Latar belakang……………………………………
Rumusan masalah……………………………….
Tujuan penulisan………………………………..

BAB II
PEMBAHASAN…………………………………
Ruang Lingkup Media………………………..
Memanfaatan Dan Tujuan Media………….

BAB III
PENUTUP………………………………………..
Kesimpulan………………………………………
Saran……………………………………………….
DAFTAR PUSTAKA………………………..

BAB I

Latar belakang
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa pengaruh terhadap kehidupan masyarakat dunia . Penggunaan TIK dalam kehidupan sehari-hari sudah bukan hal yang asing lagi dalam era globalisasi seperti sekarang ini.
Adanya internet memungkinkan kita untuk mengaksesinformasi dan melakukan komunikasi kapan dan di mana saja dengan lingkup yang sangat luas. Misalnya, dengan fasilitas email, chatting, e-book, e-library, facebook, instagram, whatsapp, dan sebagainya, kita dapat saling berbagi informasi tanpa harus bertatap muka langsung dengan sumber informasi tersebut. Karena semua informasi yang kita inginkan dapat kita peroleh hanya dengan mengakses internet.
Dimasa depan, arus perkembangan TIK akan melaju semakin cepat. Hal ini menuntut manusia untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan TIK tersebut jika tidak mau ketinggalan zaman, serta untuk menghadapi tantangan global. Dengan kondisi yang seperti ini, manusia tidak akan terlepas dari internet, komputer, dan fasilitas TIK lainnya sebagai alat bantu utama dalam proses menjalani kehidupan sehari-hari yang semakin canggih.

Rumusan masalah
1. Ruang Lingkup Media
2. Pemanfaatan dan TujuanMedia
Tujuan penulisan
Tujuan penulisan makalah ini selain untuk melengkapai tugas mata kualiah TIK (teknologi informasi dan komunikasi. Kami, juga berharap apa yang kami sajikan dalam makalah ini dapat memerikan menfaat kepada kita semua.

BAB II

A. Pengertian media
Media adalah segala bentuk saluran yang digunakan untuk menyamopaikan informasi atau pesan. Kata media berasal dari bahasa latin, yang merupakan bentuk jamak dari kata ‘madium’ yang bermakna “perantata” atau pengantar, yaitu perantara atau mengantar pesan maupun informasi dari sumbernya ke penerim pesan atau informasi tersebut
Dalam pengertian lain media juga di artikan alat atau sarana untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak.
Menurut para para ahli mengungkapakan bahawa media adalah
1. Menurut National Education Asociation (NEA): Media adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual, termasuk teknologi perangkat kerasnya.
2. Menurut Briggs: Media adalah alat untuk memberikan perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar.
3. Asociation of Education Comunication Technology (AECT): Media adalah segala bentuk dan saluran yang dipergunakan untuk proses penyaluran pesan.
4. Syaiful bahri djamarah: media alat bantu yang di gunakan untuk menyampaikan pesan
5. Schram : media adalah teknologi yang membawa pesan dan bertujuan untuk keperluan pembelajaran.
6. Gagne : media adalaherbagai jenis komponen yang berada di lingkungan siswa yang dapat meransang siswa untuk belajar.
Media ketika di hubungkan dengan komunikasi memiliki pengertian sebagai berikut:
Segala bentuk sarana yang dipergunakan untuk membuat, mengolah, menyebarkan dan menyampaikan sebuah informasi.

B. Jenis Jenis Media
Secara umum media dapat dibagi menjadi 4 jenis yaitu:
1. Media Cetak
Media cetak adalah segala barang cetak yang dapat dipergunakan sebagai sarana penyampaian pesan atau informasi.
contohnya: surat kabar,brosur,bulletin dll
2. Media Visual
Yaitu media visual adalah media yang dapat diraba, dilihat, dibaca . Media ini mengandalkan indra penglihatan dan peraba.media jenis ini sangat mudah untuk didapatkan.
Contoh media visual
Media foto, gambar, komik, gambar tempel, poster, majalah, buku, miniatur, alat peraga dan sebagainya.
3. Media Audio
Yaitu media audio adalah media yang tidak bisa dilihat, diraba, dan di baca,tapi, hanya dapat didengar,karna media ini berbentuk suara. untuk mendapatkan informasi dari media ini yaitu dengan menggunakan indra telinga sebagai salurannya. Contoh media audio
Suara, musik dan lagu, alat musik, siaran radio dan kaset suara atau CD dan sebagainya.

4. Media Audio Visual
Yaitu media audio visual adalah media yang dapat di nikmati dengan cara mendengar dan melihat yang dilakukan secara bersamaan. Media ini menggerakkan indra pendengaran dan penglihatan secara bersamaan.
Contoh media audio visual
Media drama, pementasan, film, televisi dan media yang sekarang menjamur, yaitu VCD. Internet juga termasuk dalam bentuk media audio visual, tetapi lebih lengkap dan menyatukan semua jenis format media, disebut Multimedia.

C. Media berdasarkan jangkauan penyebaran informasi
1. Media Eksternal
Yaitu media yang dipergunakan untuk menjalin hubungan dan menyampaikan informasi dengan pihak-pihak luar.
Ada beberapa media eksternal yang sering digunakan antara lain:

a. Media cetak
Yaitu media yang tercetak ataut tertulis dengan maksud agar dapat menjangkau public eksternal seperti pemegang saham, konsumen, pelanggan, mitra kerja, dan sebagainya. Contohnya adalah makalah perusahaan, bulletin, brosur.
Adapun fungsi media eksternal antara lain:
– Media Penghubung;
– Media pendidikan
– Sarana menyampaikan keterangan-keterangan kepada kalayak
– Sarana membentuk opini public

b. Radio
Radio adalah alat elektronik yang digunakan sebagai media komunikasi dan informasi, yang hanya dapat memberikan rangsangan audio (pendengaran) saja. Karena media jenis ini hanya menyampaikan pesan atau informasi dalam bentuk suara.
c. TV
Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia.
Dalam penemuan televisi, terdapat banyak pihak, penemu maupun inovator yang terlibat, baik perorangan maupun badan usaha. Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun. Awal dari televisi tentu tidak bisa dipisahkan dari penemuan dasar, hukum gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang merupakan awal dari era komunikasi elektronik.
Untuk menyampaikan pesan kepada public melalui televisi dapat ditempuh dengan memasang iklan, mengundang wartawan atau reporter televisi agar memuat berita tentang kegiatan atau dapat pula mengajukan permohonan untuk mengisi acara.
d. Handphone (Telephone Seluler)
Handphone marupakan salah satu alat komunikasi. Dengan kecanggihannya seperti sekarang ini, hendphone tidak hanya dapat digunakan sebagai alat komunikasi tapi juga dapat dijadika. Sebagai alat atau media untuk mendapatkan dan menyebarkan sebuah informasi.

e. Surat
Yaitu media penyampaian informasi dalam bentuk tulisan ,informasi yang disampaikan dapat berupa surat konvensional maupun surat elektronik. Di dalam perusahaan surat menyurat merupakan sesuatu hal yang sangat penting. Karen banyak informasi yang keluar ataupun masuk perusahaan melalui media surat, karena surat merupakan media komunikasi yang efektif apabila yang terkait tidak dapat berhubungan secara langsung atau lisan.

f. Internet
Inernet merupakan jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh penjuru dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon ( baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).
Internet merupakan media komunikasi berbasis computer teknlogi informasi. Internet banyak dipilih oleh perusahaan guna menjalin kemampuan dalam menjangkau khalayak.Keunggulan media komunikasi internet adalah mudah, cepat dan murah dengan jangkauan dunia.
Di dalam suatu jaringan internet tersedia beberapa aplikasi yang dapat digunakan oleh para user. seperti : Email, Chatting, dan web. Ketiga aplikasi ini yang sering digunakan dan di masa depan. Ketiga aplikasi ini merupakan replika dari hal yang sering digunakan di era pra- internet. Internet sering disebut sebagai komunikasi virtual, yang sering dipahami sebagai virtual reality. Namun masyarakat sering salah paham mengenai komunikasi virtual dan dianggap sebagai virtual reality pada ruang lingkup ( alam maya ) dengan menggunakan internet
2. Media Internal
Media komunikasi internal adalah semua sarana penyampaian dan penerimaan informasi dikalangan public internal dan biasanya bersifat non komersial. Penerima maupun pengirim informasi adalah orang-orang public internal. Media yang digunakan secara internal antara lain seperti :
a. Surat
b.Telephone
c. House jurnal (Majalah Bulanan)
d. Papan pengumuman
e. Printed Material ( Media komunikasi dan Publikasi berupa barang cetakan)
f. Media Pertemuan dan pembicaraan
D. Manfaat Dan Tujuan Media

Hamalik mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran, dalam proses belaajar mengajar, dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motifasi, dan rangsangan kegiatan belajar. Penggunaan media pada orientasi pembelajaran, akan sangat membantu keaktifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan da nisi pelajaran pada saat itu. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya.
Adapun fungsi media-media pembelajaran , menurut Kemp dan Dayton dapat memenuhi tiga fungsi utama apabila media itu digunakan untuk perorangan, kelompok, atau kelompok pendengar yang besar jumlahnya,yaitu:
1. Memotifasi minat atau tindakan untuk memenuhi tugas motivasi, media pembelajaran dapat direalisasikan dengan tehnik drama atau hiburan. Hasil yang diharapkan adalah melahirkan minat dan merangsang para pendengar untuk bertindak(turut memikul tanggung jawab, melayani secara suka rela, atau memberikan material).Pencapaian tujuan ini akan mempengaruhi sikap, nilai,emosi.
2. Menyajikan informasi untuk memenuhi tugas informasi, media pembelajaran dapat digunakan dalam rangka penyajian informasi dihadapan sekelompok siswa.
3. Memberi intruksi, media bertugas sebagai intruksi, dimana informasi yang terdapat dalam media itu harus melibatkan siswa baik dalam benak, atau mental maupun dalam bentuk aktivitas yang nyata sehingga pembelajaran dapat terjadi.

Manfaat media social dalam kehidupan sehari-hari juga sangat penting bagi setiap seseorang, diantaranya yaitu untuk berkomunikasi, untuk mencari informasi dari apa yang terjadi didalam masyarakat.
Apasih sebenarnya yang menguntungkan dari social media,?
Mengapa seseorang saat ini banyak menggunakan social media?
Nah, mari kita simak beberapa manfaat media social berikut:
1. Sosial media digunakan untuk bersosialisasi
Sosial media digunakan untuk bersosialisasi baik antar individu maupun kelompok, jika kita ingin ngobrol dengan kerabat kita yang jauh, bisa kita lakukan melalui sosial media yang kita punya.
2. Sosial media dapat menemukan teman baru
Sosial media juga tidak digunakan untuk bersosialisasi saja, tetapi kita dapat memperoleh teman baru. Inilah manfaat media sosial media yang sangat menarik, kita bisa melakukannya dengan cara iseng-iseng apalagi untuk kalangan muda saat ini. Kita juga dapat menyambung tali silaturahmi dengan baik.
3. Sosial media sebagai penghibur
Kadang kalau kita sedang galau, bosan terhadap kerjaan yang menumpuk, kita bisa menggunakan sosial media sebagai penghibur diri kita. Kita juga bisa menemukan hal-hal yang menarik dalam sosial media, seperti halnya menonton yutube, facebook, dan lain-lain.
4. Sosial media juga dapat digunakan untuk mencari uang
Sosial media juga dapat digunakan untuk mendapatkan penghasilan, tak jarang kita lihat saat ini tidak sedikit diantara kita yang menjadikan media sosial ini sebagai lapangan bisnis untuk memperoleh keuntungan.
BAB III
Kesimpulan
Media dalam ilmu TIK (teknologi informasi dan komunikasi) adalah Segala bentuk sarana yang dipergunakan untuk membuat, mengolah, menyebarkan dan menyampaikan sebuah informasi kepada orang lain.
D. Jenis jenis media
1. Media Cetak
2. Media Visual
3. Media Audio
4. Media Audio Visual
C. Media berdasarkan jangkauan penyebaran informasi
1. Media Eksternal
a. Media cetak
b. .Radio
c. TV dll.
2. Media Internal
a. Surat
b.Telephone dll.

Saran
Kami sebagai penyusun makalah bukanlah makhluk yang sempurna. Apabila ada kalimat yang tidak berkenan pada tempatnya. Kami berharap kritik dan saran dari Bapak pembimbing dan rekan mahasiswa sekalian, kritikan yang bersifat membangun agar kami bisa membuat makalah yang lebih baik pada waktu yang akan datang.

Daftar Pustaka
http://gudangmakalahpendidikan.blogspot.com/2016/11/makalah-media-komunikasi.html?m=1
http://pengertianahli.id/2014/07/pengertian-media-dan-jenis-media.html
MAKALAH
TIK
Hubungan Teknologi,
Pemanfaatan dan Tujuan Media
PENYUSUN MAKALAH
M. SHOLOKIN
FIRMAN
IHSAN ASKARULLAH
Pembuatan Makalah Dibuat Dalam Rangka Melengkapi
Tugas Mata Kuliah
TIK

Dosen Pengampuh
M. Alim Puspianto M.Kom.I

Kata pengantar

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah swt, atas segala rahmat dan ilmuNyalah yang telah diberikan kepada kita, utamanya kepada kami selaku penyusun makalah ini, sehinggah penyusunan makalah ini dapat kami laksanakan.
Salam serta sholawat kepada Rasulullah Muhammad saw selaku Nabi yang diutus oleh Allah swt, kepada orang-orang yang hidup di zamanya dan juga kepada kita untuk menyampaikan kebaikan yang terkandung didalam al-quran dan as-sunnah.
Makalah ini merupakan makalah yang kami buat dalam keadaan sadar, sebagai upaya melengkapi tugas mata kuliah TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi). Kami sangat menyadari bahwa makalah ini masih memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu kami sangat menantikan dan mengharapkan kritikan dan saran yang bersifat mambangun, guna mambantu kami dalam melakukan perbaikan baik pada makalah ini, maupun di makalah yang akan menjadi tugas kami selanjutnya.
Akhirnya Kami uacapkan banyak terimah kasih, utamanya kepada M. Alim Puspianto
selaku dosen pengampuh mata kuliah TIK, juga kepada teman-teman yang telah bersediah membaca ataupun mendengarkan makalah ini, semoga yang kami kupas dalam makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita utamanya kepada kami. Amiin Ya rhobbal alamin.

DAFTAR ISI
HALAMAN………………………………………
Judul…………………………………………………
Kata pengantar…………………………………..
Daftar isi……………………………………………

BAB I
PENDAHULUAN……………………………….
Latar belakang……………………………………
Rumusan masalah……………………………….
Tujuan penulisan………………………………..

BAB II
PEMBAHASAN…………………………………
Ruang Lingkup Media………………………..
Memanfaatan Dan Tujuan Media………….

BAB III
PENUTUP………………………………………..
Kesimpulan………………………………………
Saran……………………………………………….
DAFTAR PUSTAKA………………………..

BAB I

Latar belakang
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa pengaruh terhadap kehidupan masyarakat dunia . Penggunaan TIK dalam kehidupan sehari-hari sudah bukan hal yang asing lagi dalam era globalisasi seperti sekarang ini.
Adanya internet memungkinkan kita untuk mengaksesinformasi dan melakukan komunikasi kapan dan di mana saja dengan lingkup yang sangat luas. Misalnya, dengan fasilitas email, chatting, e-book, e-library, facebook, instagram, whatsapp, dan sebagainya, kita dapat saling berbagi informasi tanpa harus bertatap muka langsung dengan sumber informasi tersebut. Karena semua informasi yang kita inginkan dapat kita peroleh hanya dengan mengakses internet.
Dimasa depan, arus perkembangan TIK akan melaju semakin cepat. Hal ini menuntut manusia untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan TIK tersebut jika tidak mau ketinggalan zaman, serta untuk menghadapi tantangan global. Dengan kondisi yang seperti ini, manusia tidak akan terlepas dari internet, komputer, dan fasilitas TIK lainnya sebagai alat bantu utama dalam proses menjalani kehidupan sehari-hari yang semakin canggih.

Rumusan masalah
1. Ruang Lingkup Media
2. Pemanfaatan dan TujuanMedia
Tujuan penulisan
Tujuan penulisan makalah ini selain untuk melengkapai tugas mata kualiah TIK (teknologi informasi dan komunikasi. Kami, juga berharap apa yang kami sajikan dalam makalah ini dapat memerikan menfaat kepada kita semua.

BAB II

A. Pengertian media
Media adalah segala bentuk saluran yang digunakan untuk menyamopaikan informasi atau pesan. Kata media berasal dari bahasa latin, yang merupakan bentuk jamak dari kata ‘madium’ yang bermakna “perantata” atau pengantar, yaitu perantara atau mengantar pesan maupun informasi dari sumbernya ke penerim pesan atau informasi tersebut
Dalam pengertian lain media juga di artikan alat atau sarana untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak.
Menurut para para ahli mengungkapakan bahawa media adalah
1. Menurut National Education Asociation (NEA): Media adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual, termasuk teknologi perangkat kerasnya.
2. Menurut Briggs: Media adalah alat untuk memberikan perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar.
3. Asociation of Education Comunication Technology (AECT): Media adalah segala bentuk dan saluran yang dipergunakan untuk proses penyaluran pesan.
4. Syaiful bahri djamarah: media alat bantu yang di gunakan untuk menyampaikan pesan
5. Schram : media adalah teknologi yang membawa pesan dan bertujuan untuk keperluan pembelajaran.
6. Gagne : media adalaherbagai jenis komponen yang berada di lingkungan siswa yang dapat meransang siswa untuk belajar.
Media ketika di hubungkan dengan komunikasi memiliki pengertian sebagai berikut:
Segala bentuk sarana yang dipergunakan untuk membuat, mengolah, menyebarkan dan menyampaikan sebuah informasi.

B. Jenis Jenis Media
Secara umum media dapat dibagi menjadi 4 jenis yaitu:
1. Media Cetak
Media cetak adalah segala barang cetak yang dapat dipergunakan sebagai sarana penyampaian pesan atau informasi.
contohnya: surat kabar,brosur,bulletin dll
2. Media Visual
Yaitu media visual adalah media yang dapat diraba, dilihat, dibaca . Media ini mengandalkan indra penglihatan dan peraba.media jenis ini sangat mudah untuk didapatkan.
Contoh media visual
Media foto, gambar, komik, gambar tempel, poster, majalah, buku, miniatur, alat peraga dan sebagainya.
3. Media Audio
Yaitu media audio adalah media yang tidak bisa dilihat, diraba, dan di baca,tapi, hanya dapat didengar,karna media ini berbentuk suara. untuk mendapatkan informasi dari media ini yaitu dengan menggunakan indra telinga sebagai salurannya. Contoh media audio
Suara, musik dan lagu, alat musik, siaran radio dan kaset suara atau CD dan sebagainya.

4. Media Audio Visual
Yaitu media audio visual adalah media yang dapat di nikmati dengan cara mendengar dan melihat yang dilakukan secara bersamaan. Media ini menggerakkan indra pendengaran dan penglihatan secara bersamaan.
Contoh media audio visual
Media drama, pementasan, film, televisi dan media yang sekarang menjamur, yaitu VCD. Internet juga termasuk dalam bentuk media audio visual, tetapi lebih lengkap dan menyatukan semua jenis format media, disebut Multimedia.

C. Media berdasarkan jangkauan penyebaran informasi
1. Media Eksternal
Yaitu media yang dipergunakan untuk menjalin hubungan dan menyampaikan informasi dengan pihak-pihak luar.
Ada beberapa media eksternal yang sering digunakan antara lain:

a. Media cetak
Yaitu media yang tercetak ataut tertulis dengan maksud agar dapat menjangkau public eksternal seperti pemegang saham, konsumen, pelanggan, mitra kerja, dan sebagainya. Contohnya adalah makalah perusahaan, bulletin, brosur.
Adapun fungsi media eksternal antara lain:
– Media Penghubung;
– Media pendidikan
– Sarana menyampaikan keterangan-keterangan kepada kalayak
– Sarana membentuk opini public

b. Radio
Radio adalah alat elektronik yang digunakan sebagai media komunikasi dan informasi, yang hanya dapat memberikan rangsangan audio (pendengaran) saja. Karena media jenis ini hanya menyampaikan pesan atau informasi dalam bentuk suara.
c. TV
Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia.
Dalam penemuan televisi, terdapat banyak pihak, penemu maupun inovator yang terlibat, baik perorangan maupun badan usaha. Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun. Awal dari televisi tentu tidak bisa dipisahkan dari penemuan dasar, hukum gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang merupakan awal dari era komunikasi elektronik.
Untuk menyampaikan pesan kepada public melalui televisi dapat ditempuh dengan memasang iklan, mengundang wartawan atau reporter televisi agar memuat berita tentang kegiatan atau dapat pula mengajukan permohonan untuk mengisi acara.
d. Handphone (Telephone Seluler)
Handphone marupakan salah satu alat komunikasi. Dengan kecanggihannya seperti sekarang ini, hendphone tidak hanya dapat digunakan sebagai alat komunikasi tapi juga dapat dijadika. Sebagai alat atau media untuk mendapatkan dan menyebarkan sebuah informasi.

e. Surat
Yaitu media penyampaian informasi dalam bentuk tulisan ,informasi yang disampaikan dapat berupa surat konvensional maupun surat elektronik. Di dalam perusahaan surat menyurat merupakan sesuatu hal yang sangat penting. Karen banyak informasi yang keluar ataupun masuk perusahaan melalui media surat, karena surat merupakan media komunikasi yang efektif apabila yang terkait tidak dapat berhubungan secara langsung atau lisan.

f. Internet
Inernet merupakan jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh penjuru dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon ( baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).
Internet merupakan media komunikasi berbasis computer teknlogi informasi. Internet banyak dipilih oleh perusahaan guna menjalin kemampuan dalam menjangkau khalayak.Keunggulan media komunikasi internet adalah mudah, cepat dan murah dengan jangkauan dunia.
Di dalam suatu jaringan internet tersedia beberapa aplikasi yang dapat digunakan oleh para user. seperti : Email, Chatting, dan web. Ketiga aplikasi ini yang sering digunakan dan di masa depan. Ketiga aplikasi ini merupakan replika dari hal yang sering digunakan di era pra- internet. Internet sering disebut sebagai komunikasi virtual, yang sering dipahami sebagai virtual reality. Namun masyarakat sering salah paham mengenai komunikasi virtual dan dianggap sebagai virtual reality pada ruang lingkup ( alam maya ) dengan menggunakan internet
2. Media Internal
Media komunikasi internal adalah semua sarana penyampaian dan penerimaan informasi dikalangan public internal dan biasanya bersifat non komersial. Penerima maupun pengirim informasi adalah orang-orang public internal. Media yang digunakan secara internal antara lain seperti :
a. Surat
b.Telephone
c. House jurnal (Majalah Bulanan)
d. Papan pengumuman
e. Printed Material ( Media komunikasi dan Publikasi berupa barang cetakan)
f. Media Pertemuan dan pembicaraan
D. Manfaat Dan Tujuan Media

Hamalik mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran, dalam proses belaajar mengajar, dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motifasi, dan rangsangan kegiatan belajar. Penggunaan media pada orientasi pembelajaran, akan sangat membantu keaktifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan da nisi pelajaran pada saat itu. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya.
Adapun fungsi media-media pembelajaran , menurut Kemp dan Dayton dapat memenuhi tiga fungsi utama apabila media itu digunakan untuk perorangan, kelompok, atau kelompok pendengar yang besar jumlahnya,yaitu:
1. Memotifasi minat atau tindakan untuk memenuhi tugas motivasi, media pembelajaran dapat direalisasikan dengan tehnik drama atau hiburan. Hasil yang diharapkan adalah melahirkan minat dan merangsang para pendengar untuk bertindak(turut memikul tanggung jawab, melayani secara suka rela, atau memberikan material).Pencapaian tujuan ini akan mempengaruhi sikap, nilai,emosi.
2. Menyajikan informasi untuk memenuhi tugas informasi, media pembelajaran dapat digunakan dalam rangka penyajian informasi dihadapan sekelompok siswa.
3. Memberi intruksi, media bertugas sebagai intruksi, dimana informasi yang terdapat dalam media itu harus melibatkan siswa baik dalam benak, atau mental maupun dalam bentuk aktivitas yang nyata sehingga pembelajaran dapat terjadi.

Manfaat media social dalam kehidupan sehari-hari juga sangat penting bagi setiap seseorang, diantaranya yaitu untuk berkomunikasi, untuk mencari informasi dari apa yang terjadi didalam masyarakat.
Apasih sebenarnya yang menguntungkan dari social media,?
Mengapa seseorang saat ini banyak menggunakan social media?
Nah, mari kita simak beberapa manfaat media social berikut:
1. Sosial media digunakan untuk bersosialisasi
Sosial media digunakan untuk bersosialisasi baik antar individu maupun kelompok, jika kita ingin ngobrol dengan kerabat kita yang jauh, bisa kita lakukan melalui sosial media yang kita punya.
2. Sosial media dapat menemukan teman baru
Sosial media juga tidak digunakan untuk bersosialisasi saja, tetapi kita dapat memperoleh teman baru. Inilah manfaat media sosial media yang sangat menarik, kita bisa melakukannya dengan cara iseng-iseng apalagi untuk kalangan muda saat ini. Kita juga dapat menyambung tali silaturahmi dengan baik.
3. Sosial media sebagai penghibur
Kadang kalau kita sedang galau, bosan terhadap kerjaan yang menumpuk, kita bisa menggunakan sosial media sebagai penghibur diri kita. Kita juga bisa menemukan hal-hal yang menarik dalam sosial media, seperti halnya menonton yutube, facebook, dan lain-lain.
4. Sosial media juga dapat digunakan untuk mencari uang
Sosial media juga dapat digunakan untuk mendapatkan penghasilan, tak jarang kita lihat saat ini tidak sedikit diantara kita yang menjadikan media sosial ini sebagai lapangan bisnis untuk memperoleh keuntungan.
BAB III
Kesimpulan
Media dalam ilmu TIK (teknologi informasi dan komunikasi) adalah Segala bentuk sarana yang dipergunakan untuk membuat, mengolah, menyebarkan dan menyampaikan sebuah informasi kepada orang lain.
D. Jenis jenis media
1. Media Cetak
2. Media Visual
3. Media Audio
4. Media Audio Visual
C. Media berdasarkan jangkauan penyebaran informasi
1. Media Eksternal
a. Media cetak
b. .Radio
c. TV dll.
2. Media Internal
a. Surat
b.Telephone dll.

Saran
Kami sebagai penyusun makalah bukanlah makhluk yang sempurna. Apabila ada kalimat yang tidak berkenan pada tempatnya. Kami berharap kritik dan saran dari Bapak pembimbing dan rekan mahasiswa sekalian, kritikan yang bersifat membangun agar kami bisa membuat makalah yang lebih baik pada waktu yang akan datang.

Daftar Pustaka
http://gudangmakalahpendidikan.blogspot.com/2016/11/makalah-media-komunikasi.html?m=1
http://pengertianahli.id/2014/07/pengertian-media-dan-jenis-media.htmlpusat informasi stail 20190109_051223

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s